Senin, 15 April 2013

Menemukan Porphyrio porphyrio di Waduk Benanga

Pengamatan di Waduk Benanga, Samarinda di Kalimantan Timur
tik...tuk..tik..tuk..tik..tuk.. begitu jam di kamarqu kostku berbunyi, lalu tak lama handphone berdering...Ku fikir alarm yang berbunyi ternyata ada seorang kawan birder yang menelfonku atau lebih tepatnya membangunkan aku dari tidur he..hee...alhasil langsung kelabakan siap-siap trus cauww ke kampus. sesampainya di kampus, sudah ada beberapa kawan yang menanti...sambil menunggu beberapa kawan, kamipun menyiapkan peralatan pengamatan seperti binokuler dan teropong sebagian meminjam dari lab. kehati fahutan unmul sebagian lagi merupakan alat pemberian dari kegiatan Raptor of Borneo beberapa bulan yang lalu..

setelah semua siap, kami pun berangkat menuju bendungan benanga yang terletak di daerah lempake perjalanan menuju benanga sendiri memakan waktu sekitar 30 menit, karena ada beberapa titik jalan menuju kesana yang sedang di perbaiki. Sesampainya di tempat pengamatan kami langsung memasang alat dan langsung melakukan pengamatan...Alhamdulillah, cuaca nya pun cukup cerah. pengamatan (birding) dimulai dari jam 08.00-10.00.



Beberapa jenis burung yang kami temukan adalah Porphyrio porphyrio, Hirundo tahitica, Ardea purpurea, Gallinula chloropus, Gallicrex cinerea, dan penambahan jenis dari pengamatan sebelumnya yaitu jenis dari famili Anatidae tetapi masih belum bisa dipastikan jenisnya dan satu ekor raptor yang terbang mengelilingi bendungan dan sesekali hinggap di pohon sekitar bendungan, namun jenis ini juga belum bisa di pastikan jenis dari famili Accipitridae ini karena alat yang kami punya masih sulit menjangkaunya (jarak cukup jauh) kecuali menggunakan perahu dayung untuk mendekati elang yang sedang hinggap atau jenis dari famili Anatidae yang sedang asik berenang.

Namun, kawan-kawan pegamatan kali ini banyak yang tidak bisa berenang...ho..hoo...sedikit berbeda dari pengamatan sebelumnya, kami berani menggunakan perahu...karena ada kawan yg cukup bisa diandalkan ketika terjadi hal2 yang tidak diinginkan...hmmmm, sepertinya #bisa berenang menjadi penting juga lho untuk kondisi2  tertentu yang mengharuskan kita  untuk bersentuhan dengan air ^_^



Minggu, 31 Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar