Selasa, 16 April 2013

Burung di Kebun Raya Unmul Samarinda

Malacocincla malaccense
Kalimantan Timur (Kaltim) sebuah provinsi  yang memiliki kekayaan sumber daya alam dan Keanekaragaman Hayati yang tinggi. Luas hutan yang dimiliki oleh Kalimantan Timur adalah 17.292.600 Ha. Luas hutan Kaltim ini merupakan yang terbesar dari luas hutan yang dimiliki oleh ke empat provinsi lainnya. Begitu juga untuk sumber daya alam yang dimiliki, Kaltim memiliki mineral yang terus-terusan di eksplorasi dan alih fungsi lahan menjadi semakin marak baik untuk perkebunan, pertambangan ataupun pembangunan. Hal ini yang membuat luasan hutan semakin hari semakin berkurang.

Samarinda adalah ibu kota yang juga bagian dari Kalimantan Timur.  Di kota  tersebut tak lagi banyak ruang terbuka hijau yang masih tersisa. Dapat dibayangkan beta mirisnya melihat ibu kota dari provinsi yang katanya kaya, perlahan hancur karena penambangan yang tidak bertanggung jawab, berdasarkan data JATAM  71%  wilayah Samarinda di kuasai pertambangan. Pemandangan sebuah kota yang carut marut karena tambang hanya bisa dilihat di Samarinda. Harusnya pemerintah punya sikap tegas untuk menyelesaikan hal ini.

Di Samarinda, banyak  lahan terbuka hijau yang telah habis "dilahap"  tambang, mall dan Perumahan. Hanya ada beberapa spot hijau yang bertahan, satu diantaranya yaitu Kebun Raya Unmul Samarinda atau disebut KRUS yang pengelolaannya di bawah Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.  KRUS memiliki luasan sekita 300 Ha. Dengan luasan 300 Ha, KRUS terbagi menjadi beberapa zona. Zona tersebut antara lain (1) Zona rekreasi dengan luasan 65 hektar (2) Zona kebun raya 112 hektar dan (3) Zona konservasi seluas 125 hektar.



Selain bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga, KRUS juga dijadikan sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas lingkungan yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga yang konsen terhadap konservasi lingkungan, beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain seperti pendidikan lingkungan hidup mulai dari tingkat TK sampai Mahasiswa, Penelitian, Lomba Lintas Alam, Camping Lingkungan, Pengamatan burung, Pengamatan Satwa dan Tumbuhan serta banyak lagi kegiatan lingkungan lainnya.


Salah satu kegiatan lingkungan bersifat ilmiah yang dilakukan adalah pengamatan burung di KRUS. Pengamatan burung ini telah beberapa kali dilaksanakan oleh Borneo Bird Community, sebuah komunitas burung yang ada di Samarinda. Dari pengamatan yang dilakukan telah didapatkan beberapa gambar jenis burung yang dijumpai di kebun raya unmul samarinda. Gambar jenis burung tersebut diantaranya dapat dilihat di bawah ini:

Dicrurus aeneus

Orthotomus sericeus
Ceyx erithacus


Meiglyptes tukki_female
Calorhamphus fuliginosus
Pycnonotus aurigaster
Meiglyptes tukki_Male
Phaenicophaeus curvirostris
centropus sinensis
Dendrocopus canicapillus
Pycnonotus goiavier
Surniculus lugubris




::April 2013::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar